Five Horizons   untuk mereka yang kesepian, dan terasing, di rumahnya sendiri...

Monday, October 27, 2008

tentang polisi tidur

sekarang ini jamak ditemui di jalan-jalan orang membangun "polisi tidur" (membangun kok tidur? road bumper maksudnya). terutama di jalan-jalan 'kampung' atau jalan kecil yang ramai dilewati kendaraan terutama angkot. alasannya bisa macam-macam. kalo temen saya bilang, itu wajar karena banyak kendaraan memacu kecepatannya lebih dari 40 km/jam di jalan tersebut sehingga sering terjadi kecelakaan. juga banyak korban yaitu masyarakat sekitar yang sering tertabrak atau terserempat kendaraan. masyarakat yang mana? ya, tentunya masyarakat yang sering mondar mandir di jalan atau berkeliaran di jalan. kenapa mondar mandir di jalan? karena mereka punya warung di pinggir jalan, dan mereka seringkali menganggap jalan itu sebagai halaman 'warung' mereka. disapu, disirami sampe aspalnya terkelupas sehingga berlubang, menambah tanah pada lubang itu, buat main anak-anak mereka deeste. sehingga, untuk keamanan mereka, dibangunlah 'polisi tidur' yang tinggi dan jumlahnya nggak kira-kira.

atau, jalanan itu begitu sepinya sehingga dijadikan 'tempat usaha' atau 'warung serba ada' sehingga kalo sore, tempat itu seperti pasar dadakan. seperti laiknya pasar, tentunya ramai dengan orang. dan biar aman, for their own good, dibangunlah polisi tidur itu. contohnya, seperti jalan di deket rekayasa industri.

menurut saya, semuanya itu haruslah pada tempatnya. kalo mau bertindak, bertindaklah sesuai porsi dan aturan, jadi... tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

|

posted by Autotechnology on 11:33 AM | permalink