Five Horizons   untuk mereka yang kesepian, dan terasing, di rumahnya sendiri...

Wednesday, April 16, 2008

dasar orang indonesia!

ternyata setelah saya baca tempo kemarin, mochtar lubis telah memetakan secara blak-blakan sifat dari orang indonesia. orasi ini disampaikan tanggal 6 april 1977 di TIM. dan ciri-cirinya adalah:

1. hipokrisi atau munafik.
2. enggan bertanggungjawab atas perbuatannya
3. berjiwa feodal
4. percaya takhayul
5. artistik
6. tidak hemat, boros, senang berpesta dan berpakaian bagus
7. kejam, mengamuk, membunuh, membakar dan dengki
8. sifat buruk lain adalah bermalas-malasan karena alam kita yang murah hati

tentunya, ada juga sifat baik pada oran gindonesia seperti berhati lembut, kuat ikatan tolong menolongnya, suka damai, punya rasa humor dan dapat tertawa dalam penderitaan.

tapi setelah puluhan tahun berlalu ternyata sifat-sifat tersebut bukannya hilang tetapi beberapa malah berkembang menjadi misalnya:
- korupsi nomer satu. ini gabungan antara munafik, kejam, asal bapak senang berkhianat dan seterusnya.
- pintar bicara dan berwacana. setiap hari selalu ada berita menarik di koran. tiada hari tanpa seminar dan berwacana. bahkan, bermain sepak bola tidak bisa, tapi komentator sepakbola nomer satu.
- semakin serakah dalam memanfaatkan (atau menghabiskan?) sumber alam tanpa memikirkan masa depan. rabun dekat semakin parah. mikirnya jangka pendek melulu, lebih memburu rente.

ketahanan hidup yang dulunya terkenal kuat, ternyata tekanan ekonomi yang bertubi-tubi meruntuhkan hal ini. ada tukang gorengan bunuh diri gara-gara tempe dan minyak goreng naik, ibu dan anak bakar diri (ibunya sih yang bakar) dst.

tetapi solidaritas diantara masyarakat masih lumayan, entah sampai kapan.

sumber bacaan: tempo 20 april 2008

|

posted by Autotechnology on 3:02 PM | permalink