Five Horizons   untuk mereka yang kesepian, dan terasing, di rumahnya sendiri...

Friday, January 25, 2008

paradoks atau relatif?

hari ini ketika sedang menuju suatu tempat, saya melihat sebuah sepeda motor dengan box di belakang. kelihatannya milik seorang kurir, soalnya di jok belakang diletakkan dua kantong besar seperti tukang pos. yang unik, di box belakangnya tertulis "seize the day" dan juga di helm bagian belakang tertulis "future is today". entah dia mengidolakan esq atau dia baru saja bergabung dengan salah satu em el em sehingga semangat sekali, sampai ditulis seperti itu. atau dia ingin 'memberi pesan' kepada orang-orang karena pilihan katanya seize- bukan CARPE DIEM yang tidak semua orang tau artinya (emang seize- pada tau?).

jadi teringat pada lintang dan ikal, yang menjadi orang-orang kalah. lintang*, cerdas luar biasa, mempunyai bakat profesor dari lahir harus menyerah dengan keadaan karena ditinggal mati bapaknya dan terpaksa berhenti sekolah karena harus menghidupi 14 anggota keluarganya. sedangkan ikal, yang telah menetapkan rencananya dari mula, plan a, plan b dan plan c (gabungan dari plan a dan b) juga terpuruk menjadi satu-satunya profesi yang dibencinya:tuan pos.

*lintang dan ikal, salah dua tokoh dari novel dewasa (memang begitu tulisan di bukunya) "laskar pelangi", buku pertama tetralogi oleh andrea hirata

|

posted by Autotechnology on 10:17 AM | permalink