Five Horizons   untuk mereka yang kesepian, dan terasing, di rumahnya sendiri...

Monday, December 10, 2007

lakon baratayudha


adegan paling tragis dan dramatis adalah perang baratayudha, perang antara dua saudara pandawa dan kurawa. adegan ini adalah adegan angker, tak banyak dalang berani mementaskannya. jikapun ada, itu hanya satu episode saja, misalnya bisma gugur, karno tanding atau dorna gugur.

baratayudha adalah perang panjang. satu persatu anak-anak kurawa terbunuh dan mati, demikian juga anak-anak pandawa. ketika prabu suyudana -tokoh terakhir kurawa- gugur, tak kelihatan dimana kemenangan pandawa. yang diperlihatkan justru kesepian seorang destarata, ayah kurawa, yang kehilangan semua anaknya (kurawa).

perang baratayudha mungkin menggambarkan kebaikan menang melawan kejahatan. namun jika dilihat, ternyata kebaikan bisa menjadi kejam dan mementingkan diri atas kejahatan. apalah artinya kemenangan jika ia hanya menyisakan kebaikan dalam kesendirian dan kesepiannya?

kemenangan macam itu hanyalah sebuah tumpukan kotoran, dan pemenang yang berkubang diatasnya hanyalah seperti seekor babi -gabriel garcia maquez, seratu tahun kesunyian-.

|

posted by Autotechnology on 3:06 PM | permalink