Five Horizons   untuk mereka yang kesepian, dan terasing, di rumahnya sendiri...

Wednesday, April 04, 2007

in great power comes great responsibility

minggu lalu di sebuah khotbah jum'at, penceramah bertanya mengapa indonesia mengalami keadaan yang buruk, bencana dimana-mana. secara tebak2 an dia beralasan bahwa bencana itu adalah ulah manusia. banjir misalnya, karena manusia tidak melihat/ingkar suratan Allah (yaiut alam itu sendiri). well, katanya sih gitu. cuma masalahnya, kenapa keadaan indonesia juga tidak maju2? semakin terpuruk malah. di majalah fortune beberapa minggu lalu, hanya ada 2 orang indonesia dari rangking orang2 kaya di dunia. itu juga rangking tengah dan bawah. lainnya penuh sama orang china, india taiwan dan... malaysia. padahal dulu soeharto pernah jadi orang terkaya, juga temen2nya. kalo teori gue sih keadaan ini karena orang yang punya kekuasaan tidak menggunakannya dengan benar. "tidak amanah" gitu deh. kekuasaan apa saja. kekuasaan untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik, sekecil apapun itu.

tidak harus menjadi presiden tentu, seorang satpam pun bisa. temen saya belum lama kecopetan di senayan city, DI DALAM counter swatch. pencopetnya wanita dengan temen cowoknya. kemudian mereka lari setelah diteriakin copet, dan dikejar temen saya ini. si satpam yang ngeliat cuma diem aja 'its not my problem pikirnya -peter parker kali ye..-'. jadinye temen gue (cewek) ngos2an ngejar pencopet dan gak ketangkep. yang harusnya si satpam tadi bisa menangkap, dia memilih untuk tidak menggunanak kekuasaanya. dia pikir kalo diem aja berarti dia tidak tanggungjawab. padahal salah besar.

jadi masalah di indo ini sebenernya gampang. ketika para penguasa itu melaksanakan tanggungjawabnya. yang menteri jadi menteri yang baik, yang tukang becak nganter penumpang sampe tujuan, yang tukang batu bikin rumah yang kokoh, yang jadi satpam nangkep copet yang baik :)

|

posted by Autotechnology on 5:24 PM | permalink