Five Horizons   untuk mereka yang kesepian, dan terasing, di rumahnya sendiri...

Monday, August 14, 2006

jakarta hari ini: misteri sebuah tirai

hari selasa kemarin temen saya ikut acara kuis yang berhadiah dua milyar itu. saya sih sudah tau hasilnya, soalnya tappingnya dilakukan seminggu yang lalu. masuk permainan utama saja nggak. cuman dapat dua juta dari dua milyar. kuis ini biasanya dibagi dalam tiga tahap. tahap pertama seperti permainan tujuh-belasan untuk mencari seorang pemain yang akan ditawari hadiah yang ada dibalik tirai/kotak yang merupakan babak ke-2. kemudian pemain-pemain yang telah memperoleh hadiah itu akan ditawari untuk mempertaruhkan hadiahnya pada babak 2 milyar. dua orang ibu-ibu (jamak; bukan seseorang yang mirip ibu) sudah memenangkan hadiah 2 milyar ini.

Nah sekarang, ketika seseorang ditawari tiga buah tirai, yang salah satunya berhadiah mobil. Tirai 1, 2 dan 3. Dia memilih tirai 1. Dan Pembawa acara kemudian membuka tirai yang tidak dipilihnya, misalnya Tirai 3. Ternyata Tirai 3 berisi Sapu ijuk 100 biji. Kemudian pembawa acara menawarkan kembali apakah dia mau berubah pikiran, dengan mengubah pilihannya menjadi tirai 2, atau tetap memilih tirai 1. Kalau anda menjadi dia, apa yang harus dilakukan?

Jika anda menggunakan naluri, anda pikir peluangnya adalah 50:50. Padahal tidak. Anda harus selalu mengubah pilihan, karena peluang untuk mendapatkan hadiah mobil lebih besar daripada anda tetap tidak mengubah pilihan. Jika anda tetap pada pilihan pertama, peluangnya adalah 1:3, tetapi bila selalu berubah pilihan, peluangnya adalah 2:3. Inilah sebabnya Nicko (pembawa acara) selalu menawarkan pilihan ke-3 lagi dalam bentuk uang tunai sehingga pilihannya tetap 3 sebagai pengalih perhatian. Adalagi variasi2 lain yang ditawarkan Nicko misalnya dia tidak menyuruh kontestan untuk memilih tirai, tetapi yang mana dulu yang ditolak.

|

posted by Autotechnology on 9:10 AM | permalink