Five Horizons   untuk mereka yang kesepian, dan terasing, di rumahnya sendiri...

Tuesday, March 29, 2005

SEURIEUS MODE ON

Akuntansi bisa berarti bermacam-macam. Ada yang bilang seni, ada yang yang bilang teknik, ada yang bilang kerangka acuan dan seterusnya. Tapi menurut gue, akuntansi itu cuma masalah persepsi. Aturan akuntansi itu dirancang buat membangun kerangka acuan agar posisi keuangan sebuah perusahaan atau negara dapat dicermati. Kerangka akuntansi yang buruk akan menghasilkan informasi yang keliru dan ini akan mengakibatkan pengambilan keputusan dengan konsekuensi-konsekuensi jangka panjangnya. Masih ingat kasusnya Enron sama World.com, yang menunjukkan aturan akuntansi publik juga dapat disalahgunakan hingga memberi kontribusi yang keliru tentang keaadaan ekonomi negara (AS) sesungguhnya.

Kasusnya sebenernya sepele, surplus US$ 3 juta triliun untuk tahun 2002 hingga 2001 ditransformasikan menjadi defisit US$ 2 triliun.

IMF pun juga menerapkan kerangka yang tak jelas maunya apa, juga mengakibatkan pengetatan fiskal berlebihan. Di beberapa negara miskin dunia - yang berarti sangat bergantung pada bantuan luar negeri - IMF menyatakan bahwa bantuan luar negeri tidak boleh dimasukkan ke dalam neraca anggaran pemerintah sebagai penerimaan. Alasannya pinjaman luar negeri bersifat tidak stabil. Padahal, bantuan luar negeri lebih stabil dari pada pendapatan pajak di negara miskin. Dengan logika ini, berarti pendapatan pajak ataupun pinjaman luar negeri tidak boleh masuk dalam anggaran. Jika ini dilakukan, well tau sendiri.

|

posted by Autotechnology on 5:20 PM | permalink