Five Horizons   untuk mereka yang kesepian, dan terasing, di rumahnya sendiri...

Wednesday, September 15, 2004

Yang enggak banget

Secepat jaman yang berganti, secepat itu pula trend berubah. Begiu juga dengan bahasa, terutama bahasa anak muda yang tidak baku, juga berubah berganti-ganti. Padahal, tidak begitu lama kita kenal ungkapan kasiaaannn deh luu.. ternyata, sekarang-sekarang ini sudah dianggap out of date alias enggak banget. Kaum (ini juga dianggap enggak banget) muda Indonesia memang gemar sekali berganti-ganti bahasa sehingga kalau orang awam tidak mengikuti trend ini maka mereka tidak akan memahami maksudnya. Misalnya kata-kata "gilingan padi", yang punya arti gila dan sepertinya sih pelesetan, mengalami beberapa "transformasi" dalam beberapa waktu.

gila=gilingan=gilingan padi=gilingan padi ditengah sawah

Perubahan memang tergantung dari orang-orang yang menggunakannya, karena sebenarnya bahasa merupakan sebuah "kesepakatan" dari penggunanya. Kalau orang jawa sepakat bahwa seekor hewan berkaki empat, menggonggong, bergigi runcing, bertelinga dua dan suka menjilat bernama "asu" tapi orang amerika (serikat) sepakat itu bernama "dog".

Sekarang, apa sih kata-kata yang telah out of date padahal jaman dulu (belum lama) sering sekali digunakan orang?

bokin
misalnya begini:
X: Hey, apa kabar?
Y: Baik.
X: Sekarang gawe di mana?
Y: di Jakarta
X: bokin lu mana?

trus ada lagi funky (fangki), gaul (yep, udah ngga banget), doi, cabut, kasian deh lu (baik lurus, keriting maupun kembang-kembang), dst dst.

Menurut kalian apa sih yang udah enggak banget saat ini

|

posted by Autotechnology on 11:25 AM | permalink